7 Tempat wisata yang lagi buming di kota tape ( Bondowoso )

7 Tempat wisata di daerah  bondowoso

Sebelumnya saya penah membahas sedikit tentang kawah kurung, kali ini saya akan mabahas 7 tempat wisata yang lagi buming di kota tape. langsung aja cekidotttt.

Kata “Bondowoso” cukup identik dengan Candi Prambanan. Kok bisa? Karna asal muasal candi tersebut bermula dari sebuah cereta legenda yang melibatkan Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang
Di Jawa Timur ada sebuah kabupaten yang juga bernama Bondowoso. Kabupaten ini bertetangga dengan Situbondo dan Banyuwangi. Di Bondowoso ada beberapa tempat keren yang bisa kamu jadikan alasan kenapa harus ke sana
Salah satu tempat yang saat ini sedang hits di Bondowoso adalah Kawah Wurung. Yakni sebuah tempat yang memiliki pemandangan super keren berupa perbukitan hijau. Seperti di Gunung Prau. Tapi kita tak perlu capek-capek trekking untuk menikmati pemandangan hijau di Kawah Wurung
Kawah Wurung hanyalah satu dari sekian banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi di Bondowoso. Jika kamu berencana ke Bondowoso dan sedang menyusun itinerary, berikut ini adalah 9 tempat yang bisa kamu pertimbangkan

1. Kawah Wurung



Salah satu tempat paling menarik yang wajib kamu datangi saat traveling ke Bondowoso adalah Kawah Wurung. Jangan terkecoh dengan namanya. Meski ada kata “kawah” dalam namanya, jangan berharap kamu akan menemukan kawah gunung berapi seperti di Bromo. Tempat ini merupakan kumpulan dari beberapa bukit hijau yang sungguh menawan. Tempat ini mirip dengan bukit teletubbies di Gunung Prau namun lebih luas. Dan yang terpenting, kita tak perlu capek-capek trekking ke gunung untuk bisa menikmati pemandangan di sana. Tempat ini terutama sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi fotografi


2. Bendungan Sampean Baru



Untuk yang suka dengan suasana pedesaan, Bendungan Sampean Baru yang berada di Kecamatan Tapen ini bisa menjadi tujuan yang menarik. Di sekitar bendungan terdapat area persawahan yang tentu saja menghadirkan pemandangan hijau yang indah. Tempat ini juga merupakan spot yang Instragramable. Di bawah bendungannya terdapat banyak sekali beton yang dikelilingi oleh tumbuhan enceng gondok. Spot inilah yang menjadikannya sangat cocok untuk menghias timeline Instagram. Bendungan ini sendiri dibangun pada tahun 1979 dan selesai tahun 1983


3. Kawah Ijen


Tempat lain yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berada di Bondowoso adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen begitu fenomenal dengan penampakan api biru yang berasal dari tambang belerang tradisional miliki warga sekitar. Api biru alias blue fire ini merupakan fenomena alam yang sangat langka dan hanya ada dua di dunia. Salah satunya adalah di Kawah Ijen

Loh, bukannya Kawah Ijen itu di Banyuwangi?. Betul. Tapi, untuk menyebutkan Ijen sebagai bagian dari Bondowoso juga tidak salah karna lokasi Kawah Ijen sendiri sejatinya berada di Gunung Ijen yang notabene berada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Timur yakni Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. So, kalau kamu ingin traveling ke Bondowoso, jangan lupa masukkan Kawah Ijen di daftar itinerary

4. Guest House Jampit


ka anda mencari suasana liburan yang tenag berudara dingin dan bernuansa Eropa, maka areal perkebunan Kalisat Jampit di daerah Bondowoso menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda coba singgahi. Di sana anda akan disambut dengan pemandangan khas perkebunan kopi dengan udara yang dingin khas ketinggian.

Perkebunan Kalisat Jampit mungkin masih belum menjadi tujuan utama, sebab lokasi ini menjadi titik bagi wisatawan melakukan persiapan sebelum memasuki kawasan Ijen Plateu. Di lokasi ini biasanya para turis menginap dan sejenak melepas lelah perjalanan. Banyak sekali turis baik dari lokasl maupun mancanegara yang memilih untuk stay terelebih dahulu di lokasi ini dan menikmati ketenangan sebelum akhirnya memasuki kawasan ijen yang menjadi tujuan utama perjalanan mereka.
Kalisat Jampit sendiri merupakan areal perkebunan kopi arabika yang sangat khas dari Jampit dengan produk kopi yang dikenal memiliki citarasa yang baik. Salahsatu hal yang paling menarik dari kawasan ini adalah berdirinya beberapa bangunan khas Eropa dengan berbagai macam enak bunga yang sangat indah, sebut saja seperti gladiol, lili, calla, anyelir, lily, gerbera, krisan, aster, dianthus, pelargonium dengan indahnya menghampar di sekitar area taman rumah yang kini dijadikan sebagai guest house dan menampung para turis untuk tidur.

5. Air Terjun Tancak Kembar


Air Terjun Tancak Kembar adalah nama yang lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Disebut kembar karena sumber dari air terjunnya ada dua dan letaknya bersebelahan.
Air terjun kembar berlokasi di Desa Andongsari Kecamatan Pakem Bondowoso. Jika kamu berangkat dari kota Bondowoso, maka kamu harus menuju ke arah barat, sejauh 25 km untuk sampai di lokasi ini.
Air terjun ini memiliki ketinggian 77 meter dengan hutan lindung di sekelilingnya yang masih asri. Ada juga pusat penelitian kopi Arabica dan kakao lho.
Percaya atau tidak, konon katanya, jika pengunjung mencuci muka dengan air dari air terjun ini maka akan awet muda. Wah, ini hanya mitos ya.
Mungkin saja karena kandungan air di sini masih sangat bersih, jernih, dan tidak terkontaminasi zat berbahaya sebagaimana air di kota-kota besar. Maka ketika menyiramkannya pada wajah, akan terasa segar.
5. Kali Pahit
Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso, adalah salah satu tempat wisata alam , yang berada di desa kalianyar ,kecamatan sempol , kabupaten bondowoso , provinsi Jawa Timur , negara Indonesia  .  Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso , adalah Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari.

Harga tiket masuk ke  Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso ,terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh  Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso , bukanlah hal yang murahan.  Sangat di sayangkan jika anda berada di kota bondowoso , tidak menggunjungi wisata alam , yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya .

Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso ,sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, Hari libur Lebaran,  Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan   Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso , ini sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat  Wisata Air terjun Kali Pahit Bondowoso di kota bondowoso

5. Air Terjun Blawan


Tak jauh dari Air terjun Niagara mini kira-kira sekitar 1 km disana ada satu air terjun yang sama-sama berasal dari aliran sungai Kali Pahit yaitu Air terjun Blawan.

Untuk mencapai Air terjun Blawan kita dapat jalan kaki dari Air terjun ‘Niagara mini’. Untuk masuk ke kawasan Air terjun Blawan kita akan dikenai tiket masuk Rp 2000,-.
Di air terjun ini  kita tak bisa mandi di bawahnya karena debit airnya cukup deras.  Namun kita masih dapat bersantai di pemandian air hangat yang sekaligus menjadi terapi bagi tubuh kita. Selain itu ada juga telaga pemandian Damar Wulan dan Goa Kapur yang konon dulunya adalah tempat pertapaan Damar Wulan ketika melawan minak jinggo.

6. Puncak p28


Puncak P28 merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih baru, belum banyak yang mengetahui keberadaannya sehingga kondisinya masih terkesan lebih privat dibandingkan dengan tempat-tempat wisata yang lainnya. Namun belakangan Puncak P28 semakin ramai dikunjungi wisatawan yang lebih didominasi oleh muda mudi, hal ini mungkin karena efek foto-foto bukit p28 yang diunggah ke media sosial oleh pengunjung yang sudah pernah kesana sebelumnya.

Puncak P28 dengan ketinggian 902 mdpl ini menyajikan panorama alam dengan nuansa pegunungan serta udara yang bebas dari polusi, wajar saja karena lokasinya berada dikawasan pegunungan Argopuro. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk merasakan kesegaran alam dengan sejuknya hawa sekitar, disamping itu saat berada di puncak P28 membuat pengunjungnya seakan berada di negeri atas awan.

7. Bosamba Rafting 



Adalah kepanjangan dari Bondowoso Sampean Baru, nama ini sesuai dengan alur sungai yang dilalui yaitu sungai Sampeyan Baru. Arung jeram Bosamba terletak di Desa Taman Krocok, Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso atau berjarak sekitar 12 Km dari kota Bondowoso.

Sungai Sampeyan Baru ini bersumber dari 6 anak sungai Gunung Putri dan memiliki 27 jeram baik kecil maupun besar. Panjang track  nya kurang lebih 14 km dan memakan waktu tempuh 2-3 jam yang melintasi  desa. Pemandangan indah layaknya Grand Canyon akan kita temui selama perjalanan arung jeram. Track rafting akan terbagi menjadi 2 dan masing-masing track akan mempunyai keunikan tersendiri.
Bosamba memiliki 3 air terjun serta seruk air dimasing-masing tracknya. Track kedua adalah track yang paling menantang dimana kita akan menemui pemandangan eksotis tebing-tebing layaknyaGrand Canyon,  dan menjadi back ground foto-foto narsis. Di tengah sungai terdapat batu besar yang oleh masyarakat setempat diberi nama Batu Titanic, karena bentuknya menyerupai Buritan Kapal Titanic. Di Bosamba kita tidak perlu takut untuk kehilangan moment. Bosamba rafting menyediakan fotografer yang akan mengabadikan keseruan selama arung jeram berlangsung.
Untuk berarung jeram kita akan dipatok dengan harga Rp. 175 ribu per orang (Januari 2016), harga tersebut sudah termasuk welcome drink, makanan kecil dan makan siang. Waktu pemberangkatan petualangan ini mula pukul 08.00, 12.00 dan 14.00, tetapi jika ada keterlambatan pada jadwal sebelumnya maka pemberangkatan terakhir adalah pukul 15.00. Saat akan melakukan arung jeram jangan lupa untuk memakai perlengkapan yang sudah disiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya perjalanan menuju kawah wurung