TUTORIAL ] Cara Membuat “Smoke Disintegration” by PICSART

 

last updatedKamis 06 April 2017

HIMBAUAN :
SEBELUM KAMU MEMBUAT SMOKEY INI KAMU HARUS TERBIASA DENGAN PICSART TERLEBIH DAHULU. KALAU MASIH KESULITAN KAMU BISA MELAKUKAN PERCOBAAN TUTORIAL YG TERMUDAH, YG ADA PADA BLOG INI.


Okey..  Smoke Disintegration masih asing tidak ditelinga kamu?
Jujur kalau aku sih, iyes. Haha. Sewaktu nemuin smoke disintegration ada di search terms langsung ngubek-ubek, seubek-ubeknya(?). Ternyata Semokey ini salah satu tekhnik peleburan gambar. Nah kalau disintegration-nya aja cuma penghancuran gambar aja. Not smoke : seperti potongan robekan kertas, sedangkan Smoke : penghancurannya seperti asap yang ngebul, bul. hihi *mulai error*. mau bikin yang mana dulu nih?
Kita coba yang sulit dulu aja yah. Smoke Disintegration. Let’s we started!

image
image
Black Smoke
Kalau di photoshop enak cuy, download brush smoke selesai :(. I can handle it. ( Search key : black smoke white background )
image
Modal yang ga pernah ganti model. Oh Sehun. Entah kenapa difoto yg ini kok alisnya Sehun nge-bold gitu, ikutin trend kah? Oke, segitu aja fangirlingnya.:|. Hai, jangan lupa yang berformat PNG ya.
( Search key : “idola kamu” PNG )
image
Masuk ayo masuk, picsart, edit/editor. Pilih gambar PNG, yang beralis tebal itu. Atau apapun .

image
Go to crop. Langsung aja, jangan ragu ya ;).
image
Kali ini kita ambil bagian kirinya aja buat di disintegration-in ya. Setelah di crop, tolong kamu save dengan format PNG.
image
Setelah di crop hasilnya akan seperti ini.
image
Selanjutnya si simpan/save dalam format PNG. Begini caranya, dikuti ya. Untuk yang mempunyai picsart versi 8.4.2 atu bahkan lebih terbaru kamu bisa pakai cara ini [ EXTENSION TUTORIAL ] Cara Menyimpan PNG di PICSART Versi 8.4.2 (2017)
image
Sudah di save kan? Nah nanti kamu balik lagi ke bagian awal picsart. Pilih draw, draw blank. Landscape..
image
Hapus layer yang berwarna putihnya. Klik icon tong sampahnya.
image
Masukkan gambar potongan badan Sehun yg tadi di saveimage.
Klik tool, karena kita mau stretch gambar ini kan. Kenapa ga sekalian tadi pas nge-crop? Coba aja deh. Aku memberikan cara ini karena udah pernah nge coba, dan jadinya ancuuur. Logikanya gambar potongan ini sebelumnya ga punya dasar yang cukup, jadi kalau dilebarin iyah sih lebar tapi kepotong sana sini.
image
Nah ini diklik icon stretch tool-nya.
image
Ini nih kita pakai stretch tool. Terserah kamu mau sekesel apa sama aku, tapi ini bener-bener ga sengaja.
Lanjut ya. Pakai wrap, kamu usapkan jempol-jempolan kamu disana, buat badan Sehun bertambah lebar ke sebelah kiri.
image
Jadinya begini nanti. Harus gitu? Iyah! Butuh selebar ini. Percaya deh.
image
Di save dengan format PNG.
image
Keluar dari bagian edit. Ke tampilan awal picsart lagi, kamu ke draw blank, dari bagian draw pilih Landscape.
image
Masukan PNG Sehun terlebih dahulu. Sebelum memasukkan gambar yang udah di stretch. Kita tambahin empty layer dulu. Klik icon + yang ada disebelah icon tong sampah.
image
image
Lalu masukan badan Sehun yang udah kita potong terus di lebarin juga, masing-masing berbeda layer. PASTIKAN KEDUANYA BERBEDA LAYER KOSONG. BUKAN LAYER YANG BERDASAR PUTIH. Diatur ya letaknya.
image
image
image
Nah nanti kalau sudah tolong layer potongan badan Sehun yang melebar itu di tarik ke bawah layer PNG Sehun. Ralat itu bukan empty layer yang di pull down yah, tapi PNG stretch’s layer. Maaf.
image
image
Persiapkan penghapusnya, atur ketebalannya.
image
Setelah diletakan kamu hapus tuh bentuk asing yang ada di dipundak kanannya yo.
image
Sudah dihapus yg itu. Sekarang kita selaraskan juga pakai penghapusan. Yang bagian penyambungan lengan itu.
image
Sudah rapi? Nanti hasilnya begini, lenganku super jumboo hoho.
image
Tambahkan layer baru. Kalau yang diatas tidak tau caranya menarik layer kebawah begini caranya. Layer kosong baru yang ada diposisi pertama, letakkan jempol km disana tarik perlahan kebawah.
image
Sampai melewati layer PNG Sehun.
image
Jika sudah kita add photo lagi.
image
Pow. Disini bagian pipinya aja yang diambil. Bisa dong. Pipi alus mulus gitu loh.
image
Pastikan/cek lagi layer yang dipakai, yang ditengah itu.
image
Benerkan, diantara kedua gambar terdahulu, sekarang!
image
Kecilkan ukuran. Oiya geser sedikit, sedikit nempel ke PNG Sehunnya.
image
Terus, pilih layer pipi tadi. Klik menu layer, pilih copy.
image
Begini nih otomatis hasilnya. Ada tambahan layer baru yang udah ada potongan pipinya.
image
Ditarik kebawah yah yang layer pipi barunya, kebawah layer pipi yang asli. Terus klik menu layer, pilih transform
image
Cling, kita langsung berada disini. Buat apa? Ini baru aku temuin bgt pas bikin tutor ini. Ternyata disini kamu bisa atur letak dan atur besarnya LAGI. Speechless aku awalnya. Oke lanjut ke kerjaan, kita dari tadi lagi terfokus sama apa? Yep layer pipi copy-an, masih aktif kan yah? Kamu sentuh gambar pipinya, lalu geser sedikit, berpindah tempat? Kalau iya. Atur letaknya jadi berbaris. Lanjut yuk biar jelas.
image
Nah nih. Seperti ini maksudnya.
image
Lanjutkan tahapan yang diatas sampai ada empat(4) potongan pipi dalam satu baris. Iyah, copy layer pipi→ke transform→geser sedikit potongannya.
image
Persiapkan erase tool brush-nya. Iyah kita akan menghapus sedikit.
image
Kalau kamu susah liatnya di zoom aja. Kita hapus pinggiran kotak-kotak potongan pipi.
image
Biar agak rapian gimanaa gitu.
image
Check bagian layer yuk. Widiiw.. rame banget yah. Potongan pipi mendominasi layer. Tenang, kita bakal rapihin yg ini juga kok.
image
Pilih potongan pipi yang teratas. Klik menu layer. Klik merge fungsinya untuk menggabungkan layer. Kalau di photoshop ini namanya bikin grup. Merge-in terus sampai potongan pipinya terkumpul dalam satu layer.
image
Seperti ini juga punya kamu? Harusnya seperti ini ya. Mungkin ada yang kepikiran “kenapa ga bikin disatu layer aja?” Jelas ga bisa, karena lihat, kalau kita bikin satu-persatu layer terlebih dahulu, pertama: ngatur letaknya gampang, satu-satu bisa diatur lagi. Penghapusannya pun juga gitu. Kan yang dihapus bukan hanya bagian atasnya aja, tapi sisi yang saling menindihnya juga. Oke.
image
Kita tambahkan layer kosong untuk bagian potongan kepala Sehun. Karena kita perlu memperlebar bagian yang ini juga.
image
Sehabis itu dicopy bagian kepalanya. Cara mengcopy-nya sama sama seperti pada tahapan potongan pipi.
image
Kembali lagi, kalau sudah di copy selanjutnya di transform.
image
Nah kalau mau tau seberapa besar bagian kepala yang di crop, ya segini. Cukup sampai topi kupluknya saja, yg ga ngerti kupluk = bennie hat. Okeh.
image
Sesudah di copy layernya, terus di geser sedikit gambarnya pada saat ke bagian transform untuk memperlebar ukuran gambar habis itu kita ke mana? Yep, di merge. Di ringkasin.
image
Jadinya begini dong.
image
Nah, kepala yg udah di merge itu kita copy yuk. Agaar nanti hasilnya maksimal dan lebih natural/alami.
image
Seperti ini, kita copy.
image
Pindahkan kebawah layer badan utama.
image
Ini gunanya untuk apa? Untuk memperlebar kepalanya seperti yang terjadi pada pipi dan lengannya. Kenapa ga di stretch aja? Karena ini yang aku pelajari dari tutorial smoke disintergration yang menggunakan software photoshop, alias ga mau dibilang ga tutor yang abal atau ga berbobot, jadi aku ngubek-ngubek ke tempat biangnya.
image
Ketransform lagii.. buat mengatur dan menggeser, meletakkan copy-annya dengan benar.
image
Seperti ini, tuh udah ada contohnya, engeh ga? Keliatan ga? Oiya untuk memperlebar kepalanya ini aku juga mengcopy-nya sampai 3x. Sudah di copy sudah main transform abis itu? Ya, di merge/diperingkas.
image
Terus diapus pinggirannya. Persis sama kan.
image
Ini hasil dari kerjaan kita dari tadi. Pegel yah bacanya? Emang. Siapa yang minta ditambahin screenshotnya kemaren lewat komen? Jangan pake anonymous/hecker deh. Sekarang udah sebanyak ini pokoknya tanggung jawab ya. Praktekkin yang semangat!
Awalnya karena ga terbiasa memang bikin males buat editnya. Aahh ini kan teori, kalau iseng main picsart coba salah satu bagian aja dulu, misal kepalanya doang di smokey-in,bisa. Kalau di praktekin cepet kok bikinnya, yakin!
image
Pahamkan yang diatas? Atau masih belum jadi masih ngerjain yang diatas? Gpp, makanya aku bilang dari awal, tekhnik ini lumayan butuh kesabaran. Jika sudah, nih tinggal masukin Black Smokeynya, kenain ke badannya dulu ya, itu loh badan yang melebar itu. Lamaa ya prosesnyaa.. haha aku aja sadar, tapi kalau udah terbiasa beda deh.
Seperti ini, pakai blending option screen.
image
Hey guys, masukkin gambar baru berarti apa? Hayoo maafin yah kalau aku ngengulang-ngulang terus, ngingetin terus. Kalau masukkin gambar baru berarti layer baru juga. Soal ini masih suka ada yang curhat galau di LINE karena ga berhasil, pas di investigasi masalahnya ya disini ini ga memasukkan gambar barunya di layer kosong yang baru.
Saya beri penjelasan ulang :

Kalau masih pusing, dan terlanjur sudah ada material/bahan-bahannya di setiap layer. Matikan dahulu layer yang teratas sampai meninggalkan satu layer background kosong yang berwarna dasar putih.

Kalau anda mengikuti tahapan diatas maka bagian draw kamu akan terlihat seperti ini.

Nah, nyalakan satu persatu layernya.

Hasilnya akan seperti ini juga.
Ini dengan blending option : Lighten
Kita coba yang pertama pakai blending option :Lighten
Ini dengan blending option : Lighten
Jadinya akan seperti ini kalau pakai Lighten. Dari sini ada kejangggalan tidak? Semua sudah saya kerjakan benar benar sesuai tahapan, tidah ada tipu,trik apalagi sihir.
Ini dengan blending option : screen
Nah kalau mau pakai screen tinggal di ganti blending optionnya saja.
Ini dengan blending option : screen
Sama seperti sebelumnya, tidak ada tambahan trik ini betul-betul sesuai tahapan yang saya kerjakan sama dengan yang di screenshot disini.
Tambahan, gambar apapun yang ada disini, yang saya jadikan bahan (contohnya: black smoke) itu adalah bahan dasar, saya pakai karena bisa dikombinasi dengan gambar pendukung yang saya gunakan, jika anda memakainya untuk pengeditan gambar anda dan hasilnya kurang memuaskan, anda bisa cari gambar penggantinya di banyak situs lewat google.
Seauai dengan Updated 2 Feb 2016 16:56 & 1 Feb 2017 14:12 black smoke dilayer kosong sendiri, pakai blending option bisa lighten, bisa juga screen. Opacity tidak dirubah.kenapa sekarang ada pilihan blending option? Karena tidak semua gambar cocok dengan blending yang sama. Ini tutorial dasar, tinggal anda kembangkan lagi.
image
Lanjut ke bagian kepala. Menambahkan Black Smoke ini bisa hanya sekali taro dan dah-udah selesai, bisa juga kamu tambahin lagi, tapi ingat usahakan gambar kamu harus lebih keren dari punya aku. Yah!
image
Bisa dengan trik ini. Di copy, dan ditransform untuk menyesuaikan letaknya.
image
Sebelum menghapus biar/agar ga bingung di matikan saja duly salah satu layer smoke-nya.
image
Baru deh dihapus. Hapusnya pakai perasaan yah. Nah ini pakai blending option lighten.
image
Hasilnya bisa begini. Nah kalian sadar ga di gambar tambahan ini ga ada pipi tambahannya? Dan smokey editan ini termasuk ke dalam kategori fail! Kenapa? Karena perhatikan arah asapnya! Ya, asapnya ke arah yang berbeda, jadi feel natural dan aslinya ga dapet sama sekali.
image
Dan satu lagi, yang DISINTEGRATION yang tanpa smoke jadinya seperti ini, setelah copy-merge, kamu tinggal… lanjut kebawah ya.
image
Hapus pakai brush ini. Maka jadinya akan seperti yang ada diatas. Selesai. Eits..
image ( ini pakai screen ) SELESAAAII.. ini hasil akhirnya, meski aku ga kasih gambarnya kamu ga lupa kaann buat menyimpan hasil kerja kamu readersku tersayang ;).
image
(Ini pakai lighten) Maaf kalau kelamaan ditutupnya, soalnya saya buka usaha kecil-kecilan (jual kerudung) kalau mau lebaran begini lumayan menyita waktu. Jadi tertunda terlalu lama deh. Makasih atas partisipasi dan kesabarannya selama postingan inu direvisi. Semoga tambah banyak anak indonesia yang dengan mudah berkarya di masa depan.
Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan minal aidzin wal fa’idzin, untuk semua readers yang sama seperti saya lebaran. Maafin kalau banyak penjelasan yang muter-muter dan bikin pusing. Udah ah, sampai ketemu di tutor selanjutnyaaa..


AKU BERI HIMBAUAN LAGI YA, SEBELUM KAMU MEMBUAT SMOKEY INI KAMU HARUS TERBIASA DENGAN PICSART TERLEBIH DAHULU. KALAU MASIH KESULITAN KAMU BISA MELAKUKAN PERCOBAAN TUTORIAL YG TERMUDAH,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya perjalanan menuju kawah wurung

7 Tempat wisata yang lagi buming di kota tape ( Bondowoso )