Serunya perjalanan menuju kawah wurung

Perjalanan Saya Menuju Kawah Wurung, Wisata Bondowoso






Ketika saya tidak bermain futsal atau sibuk bekerja saya selalu menyempatkan diri untuk berpiknik bareng temen pastinya, untuk perjalan kali ini saya mencoba untuk mengeksplor indanya alam bondowoso sob. saya kesana bareng teman gila saya, Iya kan Alex Caleo. dari pada banyak basa - basi langsung aja yuk baca artikel ini.

Indonesia memang memiliki banyak sekali temapt-tempat indah yang layak dijadikan sebagai destinasi kunjungan wisata luar biasa.
Lokasi yang cukup menarik dan menyajikan pemandangan indah nan menawan adalah Jawa Timur. Bagi anda yang berkesempatan berkunjung ke sini, sebaiknya anda mencoba berkunjung se sebuah lokasi bernama Kawah Wurung yang tepatnya berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso .
Kawah Wurung merupakan sebuah lokasi yang memang belum lama dibuka sebagai sebuah lokasi wisata, namun berkait keindahan alamnya yang luar biasa, namanya kini mulai menanjak dan dikenal oleh para traveller. Kawah Wurung sendiri merupakan areal perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau yang sangat indah nan menawan. Mungkin bagi anda yang datang berkunjung akan teringat bagaimana indahnya perbukitan khas dalam film teletubies. Lokasi dari Kawah Wurung yang dekat dengan kawah ijen juga menjadi salahsatu keuntungan, sebab anda bisa mengunjungi hingga 2 tempat sekaligus yang sangat indah dan menawan.

Pesona Alam Kawah Wurung yang Menakjubkan

Begitu anda mencoba mengunjungi lokasi ini, maka selama perjalanan pun anda sudah disuguhi oleh keindahan panorama menakjubkan dari kawasan perkebunan serta hutan-hutan pinus. Hawa sejuk dan dingin karena posisinya yang berada di ketinggian 1500 mdpl, cukup tinggi untuk merasakan hawa sejuk ditambah nuansa alam pepohonan yang masih banyak anda temukan.
Lokasi Kawah Wurung juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi bagi anda yang gemar dengan olehraga off road, tempatnya yang sangt luas dan pemandangan menawan menajdi poin lebih bagi anda untuk melkaukan kegiatan-kegitan lam terbuka semacam demikian. beberapa waktu belakangan bahkan lokasi ini juga dijajaki sebagai tempat utnuk berlatih paralayang serta gantole.
Bagi anda yang berkunjung ke Kawah Wurung jangan lupa untuk membawa kamera anda dan mengabadikannya dalam bidikan lensa, sebab lokasinya yang indah bisa menjadi objek mengagumkan dalam album foto anda. jangan lupa juga untuk berkunjung ke bukit cicincin di areal tersebut. bukit cincin merupakan sebuah kubangan besar keing yang hijau larena rumput. Bentuknya seperti kaldera besar yang sangat menawan dan indah.

Transportasi Menuju Kawah Wurung

Bagi anda yang ingin mencoba menikmati keindahan alam Kawah Wurung sebaiknya membawa kendaraan pribadi saja jika tidak ingin terlalu dipusingkan dengan masalah angkutan. Namun bagi anda yang ingin menuju ke lokasi ini tidak dengan kendaraan pribadi, maka cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menumpnag mobil angkutan warga ber plat hitam dari terminal menuju ke Sempol. Angkutan tersebut juga hanya tersedia hingga jam 2 siang saja atau kurang. Setelah penuh mereka akan langsung berangkat. 

Akomodasi Wisata Kawah Wurung

Berwisata di sekitar lokasi Kawah Wurung serta Ijen mungkin tidak cukup hanya dengan satu hari saja, oleh sebab itu adna sebaiknya menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sana. Bagi anda yang memilih untuk lebih dekat ke Kawah Wurung mungkin bisa memilih untuk menginap di Catimor Blawan, Arabica di Kalisat, dan Jampit Guest House di Jampit. Namun bagi anda yang ingin lebih dekat ke lokasi Kawah Ijen, maka penginapan yang bisa anda pilih adalah di Palituding, di sana ada sebuah penginapan yang dikelola Perhutani.

Rute Menuju Wisata Kawah Wurung

  1. Via Bondowoso
    Jika anda memilih jalur Bondowoso, maka anda dapat mengambil rute dari Surabaya ke Bondowoso dengan melalui jalur Pantura hingga Besuki. Setelah itu anda harus menuju pertigaan kearah Bondowoso hingga arah Wonosari. Dari Wonosari akan ada pertigaan yang menuju ke Situbondo dan juga ke Kawah Ijen, lalu ambilah rute ke Kawah Ijen. Perjalanan biasanya akan memakan waktu kurang lebih 2 – 3 jam hingga ke Desa Sempol. Setelah anda sampai ke Desa Sempol anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit dengan cara mengikuti rute jalur yang ada ke kawah Wurung, dimana masih searah dengan kawasan KawahIjen. Ikutin saja papan petunjuk jalan yang ada disepanjang jalan. Jika anda ingin lebih gampang anda tinggal naik bus AKAS Surabaya menuju Bondowoso atau Malang meuju Bondowoso, kemudian oper mini bus dari Bondowoso menuju Sempol.
  2. Via Banyuwangi.
    Jika dari banyuwangi anda bisa ambil kearah Licin. Sekitar 45 menit perjalanan akan ada pertigaan menuju Kawah Ijen via Paltuding, lalu ambilah arah tersebut. Kemudian anda akan melewati Paltuding, dari situ anda masih harus lurus lagi, lalu di kiri jalan akan ada persimpangan yang dapat kamu ambil untuk menuju ke Kawah Wurung. Untuk bisa menuju Banyuwangi, kamu dapat memilih bus AKAS dari Surabaya ke Banyuwangi / Malang ke Banyuwangi kemudian dilanjutkan dengan menggunakan microbus, jeep atau pickup untuk bisa menuju ke Kawah Wurung.
Itulah sedikit pengalaman saya dari surga kecil alam bondowoso (kawah wurung). Jika ada salah kata saya minta maaf ya, namanya juga manusia. jangan lupa share dan komen ya !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tempat wisata yang lagi buming di kota tape ( Bondowoso )